Tips Membeli Kamera Second Agar Mendapat Harga Terbaik

Mendapatkan kamera dengan kualitas yang baik dengan harga yang murah memang idaman semua pemula, dari pada membeli kamera baru yang super mahal, membeli kamera bekas adalah pilihan yang tepat, dibawah ini kita belajar tips & cara mengecek kamera second sebelum memutuskan untuk membeli.

Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan barang bekas baik di Facebook marketplace, OLX, Akun instagram atau bahkan toko online banyak sekali menjual kamera bekas dengan berbagai pilihan, dan inilah panduan anda sebelum memutuskan membeli kamera second atau bekas yang saya tulis lebih simple dan semoga mudah untuk dimengerti.

Kelengkapan Kamera

Kelengkapan kamera ini dianggap penting sebagai pertimbangan bahwa kamera adalah dari tangan pertama, kamera bukan hasil curian / kamera gelap dan tentu dengan lengkapnya kamera kita juga lebih mudah untuk menjualnya kembali kemudian saat kita ingin upgrade kamera kedepan.

Kelengkapan meliputi kamera, charger, baterai, kabel charger, kabel data, buku panduan, buku garansi, kwitansi pembelian, cap lensa dan cap body kamera, dan kotak kamera itu sendiri.

Cek juga kondisi tombol yang ada pada kamera, pastikan masih lengkap juga karet-karet pada body kamera dan penutup port kamera yang masih ada. Pastikan tidak ada yang cacat apalagi rusak.

Tekan tombol flash yang ada pada kamera, foto menggunakan flash pada bawaan kamera untuk memastikannya tidak rusak, tombol flash biasa ada dibagian depan kamera seperti gambar dibawah. Beberapa kamera tidak memiliki flash bawaan, ini hanya optional saja.

tombol flash yang ada pada kamera

Perhatikan juga bodi kamera, pastikan tidak banyak goresan dan bekas-bekas penggunaan yang berat bahkan terjatuh dan semacamnya. Lihat juga bagian LCD apakah terkena vignet atau tidak. Termasuk bagian tali kamera semua perlu diperhatikan.

Sesuaikan Kebutuhan Dalam Memilih Kamera

Perhatikan dulu kebutuhan kamera yang ingin anda miliki, sebagai hobi saja, baru mulai atau bahkan professional karena banyak jenis kamera yang beredar dipasaran dengan kegunaan yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kasarnya anda bisa melihat perlu mirrorless atau kamera DSLR atau bahkan kamera Go Pro saja sudah cukup.

Jika anda baru belajar, anda bisa memilih kamera-kamera pemula seperti Canon 3 digit dan 4 digit seperti Canon 700D, 1200D, 1300D. Perhatikan hal ini dulu dengan melihat review-review kamera dulu di youtube atau memilih kamera dengan harga 5 jutaan saja.

Mengecek Jumlah Shutter Count

Anda wajib mengetahui ini sebelum memutuskan membeli kamera, shutter count semakin tinggi maka semakin lelah dan banyak kamera digunakan untuk memotret, sama seperti mobil, semakin banyak memotret semakin capek pula mesin bekerja, ini adalah bagian penting saat anda mengecek kamera second.

Semakin sedikit jumlah shutter count maka semakin bagus pula kondisi kamera. Kamera yang bagus menurut pengalaman kami adlah dengan shutter count dibawah 10 ribu. Walaupun kamera second hand 4 jutaan, tapi jika SC ini sedikit, anda sangat worthed untuk membelinya.

Periksa Jamur Kamera & Lensa

Kamera sangat rentang dengan jamur, dan jika jamur sudah ada dan menyebar akan mengganggu hasil dari foto dari kamera.

Periksa jamur dengan melepas lensa dan body camera lalu cek satu persatu bagian dalam, anda akan mudah melihat jamur yang menempel dengan bantuan cahaya yang cukup.

Kamera perlu dijaga agar tetap awet, menggunakan dry box untuk menyimpan kamera penting dilakukan jika ingin memaksimalkan kamera yang digunakan dalam waktu yang lama, ini bisa anda lihat ketika membeli kamera second.

Foto dan periksa hasilnya apakah ada bagian yang buram, biasa jamur akan membuat hasil foto buram.

Selain jamur, pastikan lensa kamera bisa bekerja dengan baik, karet-karet pada lensa yang sering melar bisa menjadi perhatian anda sebelum mengambil dan coba foto dengan melakuan zoom in dan zoom out pastikan gambar hasilnya tajam dan autofocus yang masih bekerja dengan baik.

Perhatikan juga viewfinder pada kamera, biasa bagian ini juga sangat rentan terhadap jamur, terkadang cukup sulit untuk dibersihkan.

Perhatikan Kondisi Baterai

Kondisi baterai biasa berhubungan dengan shutter count yang telah kita bahas diatas. Semakin banyak shutter, biasa kondisi baterai juga sudah melemah, kecuali baterai sudah pernah diganti dengan yang baru. Walau demikian coba untuk menjepret dulu beberapa kali dan ambil video beberapa menit untuk memastikan kondisi baterai masih prima.

Minta perjanjian jaminan kepada penjual untuk garansi baterai dalam beberapa hari jika memang ditemukan ada kendala.

Periksa Hotsoe

Kamera DSLR dan Mirrorless memiliki bagian hotsoe yaitu logam kecil diatas kamera yang berfungsi sebagai dudukan dan mengirimkan sinyal untuk item eksternal seperti flash dll.

Coba dengan memasukkan flash eksternal, lalu coba foto untuk memastikan hotsoe kamera masih bagus dan berfungsi.

Periksa Hotsoe

Kesimpulan

Membeli kamera bekas memang membutuhkan effort lebih agar tidak salah dalam memilih, terutama beberapa bagian teknis seperti yang telah kita bahas diatas. Jika dilihat tampilan, memang kamera masih bagus dan mulus namun kita harus jeli dalam memilih cara cek kamera second untuk memastikan kondisi kamera yang kita pilih.

Pahami lagi dan baca lagi poin-poin yang telah kami bahas diatas agar barang yang anda dapatkan bisa bertahan dan menemani profesi atau hobi fotografi anda.

Namun bagaimana kalau mau jual kamera bekas & dimana? Kamu bisa jualnya di Toko kami Mentari Photo Studio atau di Facebook marketplace, OLX serta toko online seperti bukalapak dan tokopedia atau shopee.