Berapa Lama Ngecas Baterai Kamera DSLR Yang Bagus?

Mengetahui berapa lama baterai kamera bisa dicas adalah hal yang penting agar baterai kamera kamu awet dan tahan lama. Berikut ini informasi lengkap bagaimana seharusnya kamu menjaga baterai kamu dan berapa lama baterai kamera seharusnya di charger.

Kamera adalah hal yang penting dan barang elektronik yang harus dijaga apalagi kamu bekerja sebagai fotografer atau sekedar hobi fotografi saja, hal-hal basic seperti berapa lama baterai kamu maksimal di cas ini sangat penting untuk menjaga keawetan baterai. Baterai sebagai sumber energi agar kamera bisa berjalan adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

Waktu ideal untuk mengecas baterai kamera

Idealnya waktu yang dibutuhkan oleh charger untuk mengecas baterai kamera kamu adalah sekitar 1,5 hingga 2 jam saja. Namun jika kamu pertama kali menggunakan baterai, baik baterai dari kamera baru kamu, atau membeli baterai baru, silahkan baterai di cas dulu hingga penuh dengan waktu yang mungkin lebih dari 2 jam hingga lampu indikator pada charger berwarna hijau atau menandakan bahwa baterai telah penuh diisi.

Untuk baterai dengan teknologi Lithium Ion maka baterai kamera kamu cukup di cas dengan maksimal 2 jam saja. Karena mengecas baterai dengan penuh hingga 100% itu tidak baik dan mengurangi umur pemakaian baterai.

Berapa Lama Ngecas Baterai Kamera DSLR Yang Bagus

 

Dengan mengetahui berapa lama baterai kamera kamu dapat dicas, maka kamu tidak perlu ambil pusing jika charger kamu rusak seperti lampu charger yang tidak hidup lagi dan sejenisnya, kamu hanya perlu mengira-ngira estimasi waktu charging saja dan baterai siap digunakan.

Baterai Lithium-ion memang dikenal sangat handal dalam menyimpan daya dan bertahan lama, tapi perlu diketahui agar baterai kamu tidak dicas keseringan hingga 100% dan juga tidak dianjurkan menggunakan baterai tersebut jika daya sudah kurang dari 20%, dalam artian jika kamu melihat indikator baterai pada kamera sudah berada pada kondisi isi dibawah 20% maka baterai bisa kamu cas segera dengan estimasi waktu 1,5-2 jam dan cabut sebelum penuh 100%.

Kami memiliki pengalaman dimana baterai digunakan dan dikuras hingga habis setiap kali pemakaian, dan melakukan cas kamera dari malam hingga pagi, alhasil 3 baterai kami lebih cepat kembung dan soak tidak bisa digunakan lagi, jika pun hidup, daya baterai yang bisa bekerja hanya bisa untuk memfoto 3 hingga 8 kali jepretan saja.

Hindari hal tersebut dengan mengecas baterai kamera sesuai anjuran yang kami sebutkan diatas. Anda tidak perlu takut mengecas baterai kamera jika belum habis, karena kamera jaman sekarang walaupun harga kamera dibawah 5 juta juga sudah menggunakan teknologi baterai lithium-ion sebagai solusi ramah lingkungan dan daya baterai yang tahan lama jika dijaga dengan baik dan benar.

Cas baterai kamera

Jangan mencoba meninggalkan baterai dicas yang terlalu lama, karena barang elektronik ini bisa mudah terbakar, baterai lithium ion yang bisa cepat rusak jika keseringan dicas 100% dan bisa saja berdampak pada kamera saat baterai tersebut digunakan.

Demikian pembaca, seharusnya anda sudah cukup tau bagaimana ideal sebuah baterai cas digunakan dan dicas agar baterai anda tetap awet dan aman digunakan. Jangan sungkan untuk mengganti baterai jika baterai sudah soak, karena bisa jadi baterai anda mengeluarkan daya yang tidak seimbang yang mengakibatkan komponen-komponen elektronik didalamnya bisa berpengaruh dan mengalamai kerusakan Error seperti Err 20 yang sering terjadi pada kamera Canon. Ini tidak lain karena daya baterai yang juga berpengaruh.

Jangan pernah lupa untuk melepaskan baterai dari charger setelah melakukan cas, karena daya akan berkurang sedikit demi sedikit dan baterai disimpan pada suhu antara 15-25 derajat celcius dengan menghindari dari kondisi terlalu panas atau terlalu dingin, bisa menggunakan Drybox untuk menyimpan baterai dan kamera.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk menghubungi Mentari Photo Studio yang ada di Kota Lhokseumawe jika anda memerlukan kamera. Terimakasih.

Pilihlah baterai dari third-party dari pada membeli yang palsu, walaupun kinerja tidak setinggi yang asli, baterai dari third-party lebih awet dan lebih murah dan lebih bagus dari pada yang palsu dengan embel-embel asli.