5 Kamera DSLR Terbaik Dibawah 5 Juta 2023

Mentari Photo akan mengulas daftar kamera terbaik yang bisa kamu gunakan dengan harga terjangkau hingga maksimal 5 juta rupiah. Kami akan review berbagai merk yang bisa menjadi pilihan anda.

Menggunakan smartphone kadang kala tidak maksimal dengan kualitas kamera yang dihasilkan, apalagi sekarang untuk kamu yang ingin menjadi konten kreator, menggunakan kamera adalah kewajiban agar hasil foto / video yang ingin diposting disosial media jadi lebih baik. Daftar kamera dibawah 5 juta ini bisa menghasilkan foto yang bagus untuk anda dibandingkan dengan kamera hp yang kadang memiliki resolusi yang kurang.

Berikut dibawah ini adalah beberapa pilihan kamera yang telah kami research dan bisa menjadi pilihan anda membeli kamera baru dengan harga dibawah 5 juta pada tahun 2022 ini.

EOS 4000D

1. Nikon D3300

Kamera DSLR Nikon sering digunakan oleh fotografer karena dikenal dengan warna yang lebih dalam dan kecepatan sensor membidik objek. Nikon D3300 ini memiliki sensor 24,2 MP dan didukung oleh kemampuan merekam video hingga FULL HD 1080p. Sangat cukup untuk kamu yang ingin membuat konten yang diupload ke Instagram atau Youtube.

Untuk ukuran fisik, kamera ini memiliki ukuran yang standart untuk sebuah kamera DSLR dengan berat 460gr. Saat artikel ini ditulis tahun 2022, kamera ini sudah turun dari harga resmi yaitu 3,5 jtaan dengan lensa standard. Iso Nikon D3300 yaitu antara 100-12800 dengan sensor CMOS yang dikenal cukup bandel.

Nikon D3300

 

Kekurangan D3300

Titik autofokus kamera ini hanya 11 titik saja. Ini membuat anda harus maksimal menempatkan objek disisi tengah frame. Kekurangan lain yaitu kamera ini lambat untuk menemukan autofokus pada mode live view sehingga pemakaian akan sedikit merepotkan dan tidak secepat kamera yang lebih pro.

LCD dari kamera Nikon D3300 juga tidak bisa touchscreen dan juga tidak memiliki in-body focus drive, namun ini bisa dimaklumi dengan harga kamera dibawah 4 jutaan ini.

2. Sony A5100

Sony A5100 adalah sebuah kamera mirrorless, hampir sama dengan DSLR hanya tidak ada viewfinder saja dan dengan ukuran yang lebih kecil dari DSLR dengan cara kerja yang bisa dibilang sama dengan sensor yang juga sama yaitu APSC. Kamera A5100 sangat terkenal belakangan ini karena mirip dengan A6000 dengan teknologi yang sama namun dengan harga dibawah 5 juta.

Beberapa kelebihannya yaitu dengan sensor yang sama APS-C 24MP, autofokus hybrid yang cepat untuk mengikuti objek yang bergerak dan prosessor BionZ-X. Berat kamera ini juga setengah dari Nikon D3300 diatas dengan tampilan seperti Sony A5000 yang compact dan relatif kecil.

Sony A5100

Layar LCD dari kamera ini juga bisa di putar sampai dengan 180 derajat sehingga cocok anda gunakan sebagai single fighter content creator. Kelebihan lain dari kamera ini yaitu layar yang sudah bisa di touchscreen, ISO 100-25600.

Kekurangan Sony A5100

Dengan segala kelebihannya, kamera ini hanya mampu mengambil 150-200 foto saja dalam sekali pakai full baterai. Membawa cadangan baterai adalah kewajiban apalagi anda menggunakannya untuk vlogging atau pergi berliburan.

Tidak adanya tombol Fn, flash yang lemah dan startup yang agak lamat 3-5 detik menjadi bahan pertimbangan jika anda menginginkan kamera ini. Tapi dengan harga dibawah 5 jutaan, saya kira kamera ini cukup affordable.

Kamera DSLR Terbaik Dibawah 5 Juta 2022

3. Canon 4000D / 1300D

Walaupun dibawah 5 juta kamera Canon ini memiliki keunggulan dengan prosesor DIGIC 4+ yang menghasilkan gambar yang bagus dan jepretan yang cepat. Kedua kamera tersebut memiliki spesifikasi yang sama diatas kertas namun dengan ukuran MP yang lebih kecil dari Nikon D3300 yaitu 18MP APS-C.

Canon 4000D 1300D

Kamera ini sudah terpasang lensa kit 18-55 mm dengan harga tidak lebih dari 5 juta dan bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus dengan hasil gambar yang bagus dikelasnya. Kamera ini juga mempertahankan desain sebelumnya yaitu EOS 1200D yang dikenal awet dan kokoh untuk sebuah kamera entri level.

Hasil foto dari kamera ini cukup memuaskan dan banyak teman-teman yang sewa kamera cukup puas menggunakan kamera ini di Mentari Photo.

Kekurangan Canon 4000D & 1300D

Kamera Canon bisa dibilang lebih pelit mendesain dan membawa kenyamanan pada kelas entry level, tombol-tombol yang kurang nyaman saat ditekan, auto focus yang lambar pada mode live view dan banyaknya noise pada kondisi yang kurang cahaya.

Kamera dari Canon ini cukup cocok digunakan sebagai kamera pertama untuk belajar dan baru terjun didunia fotografi.

4. Canon EOS M3

Canon M3

Masih dalam jajaran produk Canon, EOS M3 adalah salah satu produk yang sangat kami unggulkan dan tersedia juga di toko kami untuk disewa.

Canon M3 adalah salah satu kamera Mirrorless dengan desain yang kecil tapi membawa keunggulan yang tidak kalah dengan kamera DSLR. Banyak fitur unggulan yang ada pada produk Canon ini diantaranya:

  1. Resolusi yang tinggi (24,2 Megapixel)
  2. Menggunakan Prosesor DIGIC 6 dengan teknologi AF System Hybrid CMOS AF II dengan 49 titik AF
  3. Iso 100 – 12.800, bisa diexpand hingga 25.600
  4. Video hingga Full HD
  5. Handgrip yang enak dipegang

Kekurangan Canon M3

Dari beberapa banyak kelebihan, kekurangan yang menurut kami pada kamera ini yaitu jumlah foto yang maksimal hanya 4 foto perdetik, sistem lensa yang tidak memiliki banyak pilihan dan harus menggunakan adaptor jika ingin menggunakan lensa canon lain.

Canon M3 dibawah 5 juta

5. Lumix G7

Keunggulan utama dari kamera ini yaitu bisa merekam hingga 4K!. Hanya kamera ini sampai saat artikel ini ditulis yang mampu merekam hingga 4K dengan harga dibawah 5 juta dengan hasil yang bagus. walau demikian, kamera ini hanya dibekali dengan LiveMOS 16 MP dengan Iso 200-25.600.

Keunggulan lain dari kaemra G7 dari Lumix ini bisa shutter cepat hingga 8 fps, cukup cepat dari semua kompetitor diatas dengan mode shutter elektronik sehingga setiap jepretan tidak bersuara juga memperawet usia shutter.

Lumix G7
Lumix G7

Kesimpulan

Memilih kamera dengan harga dibawah 5 juta adalah hal sangat merepotkan. Ada berbagai jenis dan merk kamera yang bisa menjadi pilihan anda dengan harga dibawah rata-rata ini dan tentu menjadi PR untuk anda memilih kamera dengan fungsi yang lengkap dan hasil gambar yang mampuni.