Mengatasi Masalah Error 20 / 30 Kamera Canon

Masalah dengan tulisan Err 20 yang dibawahnya dituliskan Shooting is not possible due to an error. Turn the camera off and on again or re-install the battery. Masalah ini cukup memusingkan dan bisa terjadi tiba-tiba saat kamera ingin digunakan.

Masalah ini terjadi bahkan ketika anda menjaga kamera anda dari benturan tapi masalah ini sering muncul pada kamera merk Canon 1200D, 1300D dan sebagainya.

Jika masalah ini terjadi biasanya anda tidak bisa menggunakan kamera dengan normal, saat kamera dihidupkan anda hanya bisa melihat tulisan error tersebut yang ada pada kamera.

Mengatasi Masalah Error 20

Penyebab

Error 20 terdeteksi dan muncul dilayar kamera jika adalah masalah atau kerusakan mekanis pada body kamera. Bisa saja terjadi pada mirror/cermin, shutter dan mekanisme lain sehingga kamera tidak bisa beroperasi.

Dari berbagai pengalaman yang saya rangkum selama saya menggunakan dan melakukan penyewaan kamera, masalah ini biasa disebabkan oleh kamera yang digunakan kepanasan atau melakukan proses rekam video yang terlalu lama. Umur kamera yang sudah lama juga bisa menjadi faktor error ini bisa terjadi.

Kamera murah dibawah 5 juta lebih sering terjadi pesan error ini karena kamera tidak didesain untuk penggunaan yang berat dan lama. Namun tentu ada banyak faktor lain yang menyebabkan kamera error dengan kode Err 20 atau Err 30.

Solusi Err 20 / Err 30

Solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu coba dengan mematikan kamera lalu lepaskan baterai serta memori yang sedang anda gunakan. Tunggu beberapa saat hingga kamera dingin dan bisa digunakan lagi.

Jika masalah tidak teratasi, coba dengan membuka lensa dari body kamera dan periksa shutter yang menutupi sensor dari kamera anda. Jika terjadi kerusakan anda harus memperbaikinya ke shutter yang baru.

Bawalah kamera anda ke tempat service yang terpercaya seperti Mentari Photo Studio. Estimasi biaya yang harus kamu keluarkan untuk mengganti shutter dengan error 20/30 yaitu diantara Rp.600.000 hingga Rp.800.000 tergantung kerusakan dan jenis kamera yang kamu gunakan.

Pastikan tempat jasa service anda mengganti shutter dengan produk yang original dan garansi service jika terjadi sesuatu atau terulang lagi error yang terjadi pada kamera anda.